Ketenangan

Alhamdulillah, masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk mencapai kemenangan di tahun 2017. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. Yap,sudah tidak asing bagi saya setiap Hari Raya Idul Fitri keluarga tidak bisa berkumpul secara lengkap. Mungkin bisa dikatakan jarang sekali terjadi. Tapi, tetap harus selalu bersyukur dong bahwa sebenarnya bukan berkumpulnya keluarga, namun lebih kepada doa kepada sesama.

Hari Raya Idul Fitri yang begitu indah, memiliki rasa yang kebersamaan yang kental. Saling memaafkan, mendoakan, ikhlas dan turut bersyukur menurut saya merupakan hikmah dari Hari Raya Idul Fitri. Begitu juga dengan rasa ini yang begitu dalam kepada Ayah dan Dia, mereka yang ikhlas jauh dari keluarga untuk melaksanakan tugas dan kewajiban.

Entah mengapa, bukan sebuah kebetulan (karena tidak ada kebetulan di kehidupan ini) saat menjelang lebaran, Ayah dan Dia sedang bertugas di kawasan yang sedang dalam penjagaan yang ketat. Keduanya sama-sama berada di lautan, kapal, perbatasan. Bahkan keduanya sempat tidak ada kabar dalam beberapa hari dikarenakan sinyal komunikasi yang tidak ada.

Keduanya sama-sama berada di lautan, kapal, perbatasan. Bahkan keduanya sempat tidak ada kabar dalam beberapa hari dikarenakan sinyal komunikasi yang tidak ada.

Jujur, saat itu saya merasa cemas dan membayangkan hal yang tidak-tidak (Naudzubillah Mindzalik). Bahkan saya merasakan rindu yang berlebihan. Tidak dapat dipungkiri kadang rindu itu bisa menguatkan namun juga melemahkan. Tapi, di saat saya mulai merasa lemah, saya kembali mengingat akan perjuangan Ibu saya.

Bertahun lamanya Ibu saya begitu tenang ditinggal tugas jauh oleh Ayah. Mungkin bisa dibilang sudah menjadi master of long distance relationship. Dari satu negara sampai kini harus berbeda negara. Bahkan Ibu saya bisa begitu tenang jika seharian pun tak ada kabar dari Ayah. Bagaimana Ibu saya bisa tenang? Oh, saya harus sadar akan kekuatan doa dan tawakal kepada Allah SWT. Bahwa Allah SWT adalah sebaik baiknya penolong juga pelindung. Lalu, tawakal dan terus berdoa agar Ayah diberikan kesehatan dan tak lepas dari perlindungan Allah SWT. Ketika hati ini ridha dan terus yakin (khusnudzan) kepada Allah SWT, percaya lah semua akan baik-baik saja. Saya salut dengan Ibu dan Ayah. Ya, bisa karena terbiasa merupakan ungkapan yang pas dalam kisah ini.

Oh, saya harus sadar akan kekuatan doa dan tawakal kepada Allah SWT. Bahwa Allah SWT adalah sebaik baiknya penolong juga pelindung. Lalu, tawakal dan terus berdoa agar Ayah diberikan kesehatan dan tak lepas dari perlindungan Allah SWT.

Tidak hanya Hari Raya Idul Fitri, namun tahun ini begitu banyak doa yang dipanjatkan. Setiap harinya, saya harus selalu bersyukur bahwa Dia akan selalu baik-baik saja, InshaAllah. Sekarang yang harus saya lalukan adalah berdoa, tawakal, dan mendukung agar Allah SWT memberikan ridha untuk kerja keras si Dia.

Tidak ada yang lebih menenangkan ketika muncul laporan bertuliskan “delivered” pada ponsel saya. Tidak ada yang lebih menenangkan ketika ada pesan bertuliskan “Alhamdulillah aku sudah merapat di dermaga”. Tidak ada yang lebih menenangkan ketika mendengar suara Dia walau tidak jelas, Tidak ada yang lebih menenangkan ketika saya tahu bahwa dia baik-baik saja. Tidak ada yang lebih menenangkan ketika saya tahu bahwa dia dalam keadaan sehat.

Untuk Dia yang sedang menjalankan tugasnya, selalu dalam lindungan Allah SWT. Semangat dalam berkerja dalam jalan yang baik dan jujur. Ketika merasa lelah, coba untuk mengingat keluarga yang sedang menunggu di sini, ya di sini. Jaga diri untuk tetap menjadi orang baik, saling mengasihi dan berbagi dengan ikhlas. Jangan lupa untuk selalu bersyukur, bahwa laut selalu mendukung Dia memberikan rezeki yang halal. Setiap matahari terbit dan terbenam, panjatkan doa bahwa itu merupakan salah satu bukti Allah SWT dekat untuk membuktikan kebesaranNya. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqaballahu Minna Wa Minkum.

Regards,

Shintria

Featured Image from flickr.com
Leave a Reply

