Menenangkan Pikiran Dengan 3 Cara Berikut!

Tidak dapat dipungkiri, selagi masih hidup di dunia maka pikiran negatif dan positif akan selalu ada. Yap, seperti yang belakangan ini sedang saya alami. Mempersiapkan acara yang besar, walaupun dalam kurun waktu yang cukup lama, tetap saja aura negatif selalu menghampiri diri saya. Eits, aura negatif yang dimaksud bukan makhluk gaib lho, melainkan pikiran negatif. Nah, pikiran negatif ini yang membuat saya merasa cemas, sedih, hingga stress.

Tentu, cemas dan stress dapat menimbulkan beragam penyakit. Tidak jarang, beragam cara saya coba untuk menenangkan diri dengan menangis. Sebenarnya, cara ini terbilang tidak baik ya. Karena, masih banyak cara lain untuk menenangkan diri selain dengan menangis. ya, tapi bagaimana lagi, namanya juga wanita pasti akan selalu meneteskan air mata sekuat apa pun itu.

Jujur, saya bukan seseorang yang suka bercerita dengan orang mengenai apa yang sedang saya alami. Maka dari itu, saya memilih diam dan mencoba untuk menguatkan diri sendiri.

Hingga akhirnya, saya coba menerapkan beberapa tahap. Hasilnya, cukup membuat saya dapat berpikir positif dan lebih tenang.

  1. Pertama, hal wajib yang harus dilakukan agar diri dapat tenang yaitu dengan ibadah. Bukan berarti ibadah hanya saat diri tidak tenang. Ibadah dengan Allah merupakan kewajiban bagi setiap umat. Maka dari itu dengan Allah saya dapat bercerita banyak, berdoa, karena hanya kepada Allah saya berserah. Atas seizin Allah, semua tidak perlu dikhawatirkan lagi. Maka, coba lah untuk lebih dekat dengan Allah agar pikiran dapat tenang.
  2. Kedua, saya coba untuk mendengar dan menonton ceramah atau kajian melalui Youtube. Sungguh menyenangkan saya mendapatkan ilmu baru dengan kajian islami. Tidak hanya itu, pikiran positif pun kembali karena diiringi dengan masukan yang baik dalam diri. Saya sarankan untuk melihat kajian atau ceramah yang sesuai dengan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Dengan begitu, secara otomatis Anda akan merasa lebih bersyukur dan menyadari bahwa permasalahan yang dihadapi merupakan jalan Anda untuk lebih mawas diri.
  3. Last but not least, tanpa sengaja saya melihat vlog yang berisikan konten yang positif. Yap, tanpa sengaja saya melihat vlog Andien Aisyah saat ia dan sang suami melakukan trip ke Melbourne. Sungguh, melihat vlog dengan konten seperti ini membuat saya senyam senyum sendiri. Membawa saya seakan menikmati perjalanan seru Andien & Ippe. Tidak hanya tentang Melbourne, pertama kali saya melihat vlog keseruan mereka sewaktu trip ke Jepang. Tidak hanya vlog Andien saja lho, Anda bisa melihat vlog dengan konten positif lainnya. Hitung-hitung sekaligus menambah ilmu walau hanya lewat Youtube.

Setelah tanpa sengaja saya melakukan 3 tahapan di atas, coba lah untuk tidur sebentar. Istirahatkan tubuh dan pikiran, minum teh hangat, tarik nafas, dan bersyukur lah. Semoga tahap-tahap untuk menenangkan pikiran tersebut dapat bermanfaat untuk Anda ya. Good luck! ^.^

Leave a Reply

