Family Short Trip

Baru saja saya kembali sehabis liburan dengan keluarga. Ya, ini merupakan liburan singkat yang kesekian kali nya dengan keluarga. Seperti biasa mereka selalu pergi tanpa sebuah rencana yang akhirnya diputuskan dengan aku berangkat lewat jalur udara dan keluarga dengan jalur darat. Perjalanan yang mereka tempuh sekitar 1 hari lama nya karena mereka menginap di Purwokerto dan selanjut nya melanjuti perjalanan ke Yogyakarta. Lagi-lagi Yogya, kenapa Yogya? karena masih ada satu tempat yang membuat saya cukup penasaran. 

Setiap kali saya berkunjung ke Jogja, selalu saja saya ditanyakan mengenai apakah saya sudah pernah ke Museum Ullen Sentalu. Ullen Sentalu adalah museum yang berada di Daerah Besar Istimewa Yogyakarta, berada di kaki gunung merapi museum ini mempunyai sesuatu yang sangat istimewa. Setelah mencari letak museum Ullen Sentalu akhirnya saya tiba bersama keluarga saya. Saya membeli tiket masuk dan berkunjung hanya 25.000 Rupiah, bayangkan dengan harga semurah itu saya dapat berbagai macam pengetahuan tentang Budaya Jawa. 

Sebelum masuk saya harus menunggu selama -/+ 15 menit untuk menunggu pemandu, karena setiap rombongan yang datang harus dipandu. Museum ini tidak mempersilakan pengunjung nya untuk mengambil gambar dalam museum yang sampai sekarang saya pun tidak tahu alasan nya. Mungkin karena banyak barang pusaka bekas peninggalan sekaligus ingin melestarikan budaya. 

15 menit sudah saya dan keluarga menunggu hingga akhirnya sang pemandu datang dan mempersilahkan saya masuk. Sebelum nya kami diberikan arahan tentang isi museum Ullen Sentalu dimana di dalam nya terbagi beberapa ruangan yang saya ingat ruangan yang berada di lorong bawah tanah dan di atas yang masing masing mempunyai makna yang berbeda. Saat masuk ke ruangan yang pertama dimana saya disambut dengan arca dan dilanjutkan dengan berbagai jenis tarian yang ada di Jawa khusus nya jawa tengah. Yang saya ingat bahwa setiap puteri dari Raja harus  bisa menari bahkan menciptkana satu tarian. Sebelum nya saya dijelaskan tentang arti dari Ullen Sentalu Sendiri yang artinya ULating bLencong SEjatine TAtaraning LElaku, dimana museum ini dapat menjadi penerang bagi masyarakat tentang seni dan budaya Jawa. 

Setelah itu saya diperkenalkan oleh Kasultanan Yogya, Paku Alaman Yogya, Kasultanan Solo, dan Mangkunegara Solo. Museum ini memiliki peninggalan sejarah yang salah satunya adalah foto dan lukisan sehingga saya dapat dengan jelas mengetahui tokoh-tokoh yang ada di dalam budaya Jawa. Tidak hanya itu, di dalam museum Ullen Sentalu juga memperkenalkan berbagai macam batik bsereta artinya. 

Saya sangat puas dan menjadi lebih tahu tentang budaya jawa beserta seni nya. Yang saya tangkap dan memukau diri saya adalah bahwa setiap aksen kecil yang ada pada Budaya Jawa selalu mempunyai arti dan menyangkut dengan kehidupan. Budaya Jawa sendiri mengajarkan untuk tetap bijaksana dalam hidup. Selain itu arca Dewi Sri yang juga sebagai simbol kesuburan. Sayangnya saya tidak mencatat banyak karena sang pemandu cukup cepat dalam menjelaskan, tapi banyak juga yang saya tangkap dari penjelasan nya mengenai Budaya dan Seni Jawa. 

Author: Shintria

Express herself better in writing than in conversation, dislike small talk, need time to think before speaking. Current profession as a freelance content writer.

Leave a Reply

